Masuk

Ingat Saya

Mahasiswa Yaman Gelar Lomba Debat Terbuka

Demi mengisi libur Lebaran, para mahasiswa Univ. Imam Syafi’i Mukalla Hadramaut Yaman yang sedang berlibur di Kota Tarim memeriahkannya dengan mengikuti lomba Debat Umum yang di prakarsai para Ketua Harian Univ. Imam Syafi’i.

Pesertanya tidak semuanya, akan tetapi dipilih orang-orang yang mempunyai potensi, perbekalan dan pengalaman dunia luar. Lomba ini diselenggarakan demi melatih dan mengolah fikiran para mahasiswa dan juga agar tidak terlalu fokus dalam Khazanah Ilmu para Ulama begitu pula untuk memotivasi para mahasiswa lainnya agar juga memikirkan permasalah dunia luar yang akan di hadapi ketika pulang nantinya.

Adapun tema yang diambilnya berfariasi meliputi : “Dakwah Melalui Film dan Musik” , “Membicarakan Sikap FPI tentang Swipping Monitoring dll”, “Menyikapi Pemimpin Kafir yang Memenuhi Kebutuhan Rakyat” dan yang terakhir “Mengenai Tempat Prostitusi”. Setiap satu tema terdiri dari dua kubu, Kubu Pro dan Kubu Kontra yang setiap satu temanya dibahas dalam jangka waktu 45 menit – 1 jam.

Lomba yang diadakan selama dua malam ini yaitu (21,22/07/2015) sangat begitu meriah, karena selain dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa dari Arab Saudi dan para peserta lomba mengeluarkan argumen dan pemikirannya para penonton yang dari mahasiswa Indonesia juga ikut andil dalam memberi nilai dari setiap dua kubu yang membahas satu tema itu.

Uniknya lagi, para Panitia memberi peraturan harus menggunakan Bahasa Arab dalam acara ini, dengan tujuan agar supaya membiasakan mengucapkan Bahasa Arab sekaligus memberi pengertian kepada para Mahasiswa yang belum mengetahui Bahasa Arab dari kata-kata modern.

Sampai hari ini tinggal para kubu peserta semi final dan calon finalis yang masih tersisa, yang rencananya selanjutnya akan diadakan di luar area biasanya bersama dengan mengisi liburan lainnya dan juga sambil mencari keputusan tentang tema yang akan dibahas dalam acara selanjutnya nanti.

Adapun Tema atas masukan dari beberapa penonton yang ditampung sementara yaitu : “Pro Kontra Menyetujui Negara Demokrasi” , “Bolehkah Berjihat ke Tolikara Papua ?” , dan Tema yang akan di pakai dalam final adalah mengenai “Islam Nusantara”. Semoga saja menghasilkan manfaat untuk segalanya.

Oleh : Moeslich El Malibary
Peserta lomba Mahasiswa Univ. Imam Syafi’i Yaman.

Dengan